Minggu, 13 Juli 2014

bunga anggrek



ANGGREK




Anggrek adalah jenis tanaman yg banyak berbunga indah dan memiliki wangi yg khas.Tumbuhan ini sangat menyukai cahaya matahari,dan menumpang hidup pada tumbuhan lain (anggrek Ephytis dan Semi Ephytis), namun tidak merusak yang ditumpangi, hanya akar lekatnya juga berfungsi seperti akar udara yaitu untuk mencari makanan untuk berkembang.Adapula jenis anggrek yg hidup di tanah (anggrek Terrestria dan  anggrek semi Terrestria) Anggek sudah dikenal sejak 200 tahun lalu,dan hingga kini tanaman ini sudah banyak di budidayakan.
      Aggrek juga dapat ditanam dengan menggunakan media pot,
  1. Media untuk anggrek Ephytis dan Semi Ephytis,yaitu anggrek yg hidup pada batang pohon terdiri dari:
1.      Serat Pakis yang telah digodok.
2.       Kulit kayu yang dibuang getahnya.
3.      Serabut kelapa yang telah direndam air selama 2 minggu.
4.      Ijuk.
5.      Potongan batang pohon enau.
6.      Arang kayu .
7.      Pecahan genting/batu bata.
8.      Bahan-bahan dipotong menurut ukuran besar tanaman dan akarnya. Untuk anggrek Semi Epirit yang akarnya menempel pada media untuk mencari makanan, perlu diberi makanan tambahan seperti kompos, pupuk kandang/daun-daunan.
  1. Media untuk anggrek Terrestria : Jenis anggrek ini hidup di tanah maka perlu ditambah pupuk kompos, sekam, pupuk kandang, darah binatang, serat pakis dan lainnya.
  2. Media untuk anggrek semi Terrestria : Bahan untuk media anggrek ini perlu pecahan genteng yang agak besar, ditambah pupuk kandang sekam/serutan kayu. Dipakai media pecahan genting, serabut kayu, serat pakis dan lainnya. Derajat keasaman air tanah yang dipakai adalah 5,2.
 Bunga anggrek ini memiliki banyak jenis,namun untuk pembahasan jenisnya akan saya bahas di lain kesempatan.


      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar